RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 OKU
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semeseter : VII/1
MateriPokok : BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
Alokasiwaktu : 2 PERTEMUAN (4 X 60 MENIT)
1.
KOMPETENSI INTI
1. Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3. Memahamipengetahuan
(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangimupengetahuan, teknologi,
senibudayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
4. Mencoba, mengolah,
danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/ teori
2.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskandanmenentukanurutanpadabilanganbulat
(positifdannegatif) danpecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
3.1.1
Membericontohsuatubilanganbulat
3.1.2
Memberikancontohberbagaibentukdanjenisbilanganpecahan
:
a. biasa,
b. campuran,
c. decimal,
d. persen
3.1.3
Mengurutkanpecahandanmenentukannyaletaknyapadagarisbilangan
|
4.1 Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganurutanbeberapabilanganbulatdanpecahan (biasa, campuran,
decimal, persen)
|
4.1.1
Memecahkanoperasitambah,
kurang, kali, bagidanpangkatbilanganbulattermasukoperasicampuran
4.1.3
Mengubahbentukpecahankebentuk
yang lain
4.1.4
Menjelaskanhasiloperasihitungbilanganpecahan
|
3.
TujuanPembelajaran
No Indikator
|
TujuanPembelajaran
|
3.1.1
|
1. Agar siswadapatmenunjukkancontohdaribilanganbulat
|
3.1.2
|
2. Agar
siswadapatmemberikancontohberbagaibentukdanjenisbilanganpecahan
a. biasa
b. campuran
c. decimal
d. persen
|
3.1.3
|
3. Agar
siswadapatmengurutkanpecahandanmenentukanletaknyapadagarisbilangan
|
4.1.1
|
1. Agar siswamampumemecahkanoperasitambah, kurang,
kali, bagidanpangkatbilanganbulattermasukoperasicampuran
|
4.1.2
|
2. Agar
siswamampuMenghitungkuadratdanpangkattigasertaakarkuadratdanakarpangkattigabilanganbulat
|
4.1.3
|
3.
Menjelaskanhasilperkaliandanpembagianbilanganbulat
|
4.14
|
4. Mengubahbentukpecahankebentuk yang lain
|
4.15
|
5. Menjelaskanhasiloperasihitungbilanganpecahan
|
4.Materipadakegiatanpembelajaran
4.1
MateripadakegiatanpembelajaranPertama
No
|
Struktur Isi
|
Yang adadalampembelajaran
|
1
|
Fakta
|
Simbolbilanganbulatdanpecahan
|
2
|
Konsep
|
Pengertianbilanganbulatdanpecahan
|
3
|
Prinsipdanaturan
|
Sifat-sifatBilanganbulatdanpecahan
|
4
|
Prosedur
|
1.
Menyelesaikanoperasibilanganbulatmenggunakangarisbilangan
2.
Memberikancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
|
4.2
MateripadakegiatanpembelajaranKedua
No
|
Struktur Isi
|
Yang adadalampembelajaran
|
1
|
Fakta
|
Simbolbilanganbulatdanpecahan
|
2
|
Konsep
|
Pengertianbilanganbulatdanpecahan
|
3
|
Prinsipdanaturan
|
Sifat-sifatBilanganbulatdanpecahan
|
4
|
Prosedur
|
1.
Menyelesaikanoperasibilanganbulatmenggunakangarisbilangan
2.
Memberikancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
|
5.
MetodePembelajaran
a.
Pendekatanpembelajaran
: Saintifik
b.
Model
pembelajaran : Problem Base Learning
c.
MetodePembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Presentasi
6.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
PowerPoint
7.
SUMBER BELAJAR
a. KementrianPendidikandanKebudayaanRepublik
Indonesia 2014. Matematika SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan.
b.
LembarkerjasPesertadidik
8.
Langkah-langkahpembelajaran
8.1 KegiatanPembelajaranPertemuanPertama
Tahap
|
Fase
|
Kegiatan
|
KegiatanPendahuluan
(5-10 menit)
|
|
1. Dengan
Tanya jawab, siswadiingatkantentangbilanganbulat
2. Guru
menjelaskanmanfaatmateribilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3. Guru
menyampaikantujuanpembelajaran
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
Fase 1:
Orientasisiswapadamasalah
|
1. Menjelaskantujuanpembelajarantentangmateribilanganbulat
2. Memperlihatkancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3. Memotivasipesertadidik
agar terlibatpadaaktivitaspemecahanmasalah
4. Memberitugaskelompok,
sertamengarahkanpesertauntukberkumpuldengankelompoknyamasing-masing
|
Fase
2: Mengorganisasikansiswauntukbelajar
|
1. Membantupesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasbelajar
yang berhubungandenganbilanganbulatyaitutentangmenggambargarisbilangan,
sifat-sifatnya, dansertamenghitungbilanganbulat
2. Mengarahkanpesertadidikuntukmelakukankajianteori
yang relevandenganmasalahsertamencarinarasumberlainnya
|
|
Fase
3:Membimbing Penyelidikanindividudankelompok
|
1. Mendorongpesertadidikuntukmengumpulkaninformasi
yang sesuaiyaitumencarisifat-sifatpenjumlahan, pengurangan, perkalian,
danpembagian
|
|
Fase
4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya
|
1. Membantupesertadidikdalammemecahkanmasalahsepertimerencanakandanmenyiapkanlaporansertamembantusiswadalamberbagitugasdengantemannya
|
|
Fase
5: Menganalisadanmengevaluasi proses pemecahanmasalah
|
1. Membantusiswamelakukanrefleksisertaevaluasiterhadappenyelidikanpesertadidikdalam
proses-proses yang dilakukansertamemintakelompokuntukpresentasi
|
|
Penutup
(10 menit)
|
|
1. Siswamenyimpulkan
2. Guru
memberikantugas PR
3. Guru
mengakhirikegiatanbelajardenganmemberikanpesan agar tetapbelajar
|
8.2 KegiatanPembelajaranPertemuanKedua
Tahap
|
Fase
|
Kegiatan
|
KegiatanPendahuluan
(5-10
enit)
|
|
1. Dengan
Tanya jawab, siswadiingatkantentangbilanganbulat
2. Guru
menjelaskanmanfaatmateribilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3. Guru
menyampaikantujuanpembelajaran
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
Fase 1:
Orientasisiswapadamasalah
|
1. Menjelaskantujuanpembelajarantentangmateribilanganbulat
2. Memperlihatkancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3. Memotivasipesertadidik
agar terlibatpadaaktivitaspemecahanmasalah
4. Memberitugaskelompok,
sertamengarahkanpesertauntukberkumpuldengankelompoknyamasing-masing
|
Fase
2: Mengorganisasikansiswauntukbelajar
|
1. Membantupesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasbelajar
yang berhubungandenganbilanganbulatyaitutentangmenggambargarisbilangan,
sifat-sifatnya, dansertamenghitungbilanganbulat
2. Mengarahkanpesertadidikuntukmelakukankajianteori
yang relevandenganmasalahsertamencarinarasumberlainnya
|
|
Fase
3:Membimbing Penyelidikanindividudankelompok
|
Mendorongpesertadidikuntukmengumpulkaninformasi
yang sesuaiyaitumencarisifat-sifatpenjumlahan, pengurangan, perkalian,
danpembagian
|
|
Fase
4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya
|
Membantupesertadidikdalammemecahkanmasalahsepertimerencanakandanmenyiapkanlaporansertamembantusiswadalamberbagitugasdengantemannya
|
|
Fase
5: Menganalisadanmengevaluasi proses pemecahanmasalah
|
Membantusiswamelakukanrefleksisertaevaluasiterhadappenyelidikanpesertadidikdalam
proses-proses yang dilakukansertamemintakelompokuntukpresentasi
|
|
Penutup
(10
enit)
|
|
1. Siswamenyimpulkan
2. Guru
memberikantugas PR
3. Guru
mengakhirikegiatanbelajardenganmemberikanpesan agar tetapbelajar
|
9.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
a.
Afektif
Teknik :
Observasi
Instrumen :
Terlampir
b.
Kognitif
Teknik :
Tes
Instrumen : Terlampir
c.
Psikomotorik
Teknik :Tes
Instrumen :Terlampir
EmoticonEmoticon