RPP BILANGAN BULAT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMP NEGERI 1 OKU
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Kelas/Semeseter          : VII/1
MateriPokok               : BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
Alokasiwaktu              : 2 PERTEMUAN (4 X 60 MENIT)

1.      KOMPETENSI INTI
1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3. Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangimupengetahuan, teknologi, senibudayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/ teori
2.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
KompetensiDasar
Indikator

3.1 Menjelaskandanmenentukanurutanpadabilanganbulat (positifdannegatif) danpecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

3.1.1        Membericontohsuatubilanganbulat
3.1.2        Memberikancontohberbagaibentukdanjenisbilanganpecahan :
a.       biasa,
b.      campuran,
c.       decimal,
d.      persen
3.1.3        Mengurutkanpecahandanmenentukannyaletaknyapadagarisbilangan

4.1 Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganurutanbeberapabilanganbulatdanpecahan (biasa, campuran, decimal, persen)

4.1.1        Memecahkanoperasitambah, kurang, kali, bagidanpangkatbilanganbulattermasukoperasicampuran
4.1.2        Menjelaskanhasilperkaliandanpembagianbilanganbulat
4.1.3        Mengubahbentukpecahankebentuk yang lain
4.1.4        Menjelaskanhasiloperasihitungbilanganpecahan


3.      TujuanPembelajaran
No Indikator
TujuanPembelajaran

3.1.1
1. Agar siswadapatmenunjukkancontohdaribilanganbulat

3.1.2
2. Agar siswadapatmemberikancontohberbagaibentukdanjenisbilanganpecahan
a. biasa
b. campuran
c. decimal
d. persen

3.1.3
3. Agar siswadapatmengurutkanpecahandanmenentukanletaknyapadagarisbilangan

4.1.1
1. Agar siswamampumemecahkanoperasitambah, kurang, kali, bagidanpangkatbilanganbulattermasukoperasicampuran

4.1.2
2. Agar siswamampuMenghitungkuadratdanpangkattigasertaakarkuadratdanakarpangkattigabilanganbulat

4.1.3
3. Menjelaskanhasilperkaliandanpembagianbilanganbulat

4.14
4. Mengubahbentukpecahankebentuk yang lain

4.15
5. Menjelaskanhasiloperasihitungbilanganpecahan


4.Materipadakegiatanpembelajaran
4.1 MateripadakegiatanpembelajaranPertama
No
Struktur Isi

Yang adadalampembelajaran
1
Fakta

Simbolbilanganbulatdanpecahan
2
Konsep

Pengertianbilanganbulatdanpecahan
3
Prinsipdanaturan

Sifat-sifatBilanganbulatdanpecahan
4
Prosedur
1.      Menyelesaikanoperasibilanganbulatmenggunakangarisbilangan
2.      Memberikancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari


4.2      MateripadakegiatanpembelajaranKedua
No
Struktur Isi

Yang adadalampembelajaran
1
Fakta

Simbolbilanganbulatdanpecahan
2
Konsep

Pengertianbilanganbulatdanpecahan
3
Prinsipdanaturan

Sifat-sifatBilanganbulatdanpecahan
4
Prosedur
1.      Menyelesaikanoperasibilanganbulatmenggunakangarisbilangan
2.      Memberikancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari


5.      MetodePembelajaran
a.       Pendekatanpembelajaran : Saintifik
b.      Model pembelajaran    : Problem Base Learning
c.       MetodePembelajaran  : Tanya jawab, diskusi, Presentasi

6.      MEDIA PEMBELAJARAN
1.      PowerPoint

7.      SUMBER BELAJAR
a.       KementrianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan.
b.      LembarkerjasPesertadidik

8.      Langkah-langkahpembelajaran

8.1  KegiatanPembelajaranPertemuanPertama

Tahap
Fase
Kegiatan
KegiatanPendahuluan
(5-10 menit)

1.      Dengan Tanya jawab, siswadiingatkantentangbilanganbulat
2.      Guru menjelaskanmanfaatmateribilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3.      Guru menyampaikantujuanpembelajaran

Kegiatan Inti
(60 menit)
Fase 1: Orientasisiswapadamasalah

1.      Menjelaskantujuanpembelajarantentangmateribilanganbulat
2.      Memperlihatkancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3.      Memotivasipesertadidik agar terlibatpadaaktivitaspemecahanmasalah
4.      Memberitugaskelompok, sertamengarahkanpesertauntukberkumpuldengankelompoknyamasing-masing
Fase 2: Mengorganisasikansiswauntukbelajar

1.      Membantupesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasbelajar yang berhubungandenganbilanganbulatyaitutentangmenggambargarisbilangan, sifat-sifatnya, dansertamenghitungbilanganbulat
2.      Mengarahkanpesertadidikuntukmelakukankajianteori yang relevandenganmasalahsertamencarinarasumberlainnya
Fase 3:Membimbing Penyelidikanindividudankelompok
1.      Mendorongpesertadidikuntukmengumpulkaninformasi yang sesuaiyaitumencarisifat-sifatpenjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian
Fase 4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya

1.      Membantupesertadidikdalammemecahkanmasalahsepertimerencanakandanmenyiapkanlaporansertamembantusiswadalamberbagitugasdengantemannya
Fase 5: Menganalisadanmengevaluasi proses pemecahanmasalah

1.      Membantusiswamelakukanrefleksisertaevaluasiterhadappenyelidikanpesertadidikdalam proses-proses yang dilakukansertamemintakelompokuntukpresentasi

Penutup
(10 menit)

1.      Siswamenyimpulkan
2.      Guru memberikantugas PR
3.      Guru mengakhirikegiatanbelajardenganmemberikanpesan agar tetapbelajar



8.2 KegiatanPembelajaranPertemuanKedua
Tahap
Fase
Kegiatan
KegiatanPendahuluan
(5-10       enit)

1.      Dengan Tanya jawab, siswadiingatkantentangbilanganbulat
2.      Guru menjelaskanmanfaatmateribilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3.      Guru menyampaikantujuanpembelajaran

Kegiatan Inti
(60 menit)
Fase 1: Orientasisiswapadamasalah

1.      Menjelaskantujuanpembelajarantentangmateribilanganbulat
2.      Memperlihatkancontohbilanganbulatdalamkehidupansehari-hari
3.      Memotivasipesertadidik agar terlibatpadaaktivitaspemecahanmasalah
4.      Memberitugaskelompok, sertamengarahkanpesertauntukberkumpuldengankelompoknyamasing-masing
Fase 2: Mengorganisasikansiswauntukbelajar

1.      Membantupesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasbelajar yang berhubungandenganbilanganbulatyaitutentangmenggambargarisbilangan, sifat-sifatnya, dansertamenghitungbilanganbulat
2.      Mengarahkanpesertadidikuntukmelakukankajianteori yang relevandenganmasalahsertamencarinarasumberlainnya
Fase 3:Membimbing Penyelidikanindividudankelompok
Mendorongpesertadidikuntukmengumpulkaninformasi yang sesuaiyaitumencarisifat-sifatpenjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian
Fase 4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya

Membantupesertadidikdalammemecahkanmasalahsepertimerencanakandanmenyiapkanlaporansertamembantusiswadalamberbagitugasdengantemannya
Fase 5: Menganalisadanmengevaluasi proses pemecahanmasalah

Membantusiswamelakukanrefleksisertaevaluasiterhadappenyelidikanpesertadidikdalam proses-proses yang dilakukansertamemintakelompokuntukpresentasi

Penutup
(10  enit)

1.      Siswamenyimpulkan
2.      Guru memberikantugas PR
3.      Guru mengakhirikegiatanbelajardenganmemberikanpesan agar tetapbelajar



9.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a.       Afektif
Teknik       : Observasi
Instrumen  : Terlampir

b.      Kognitif
Teknik       : Tes
Instrumen  : Terlampir

c.       Psikomotorik
Teknik       :Tes
Instrumen  :Terlampir
Latest
Previous
Next Post »